Sabtu, Juli 28, 2007

Hari Libur dan Rencana Reuni SMA


Ada yang Sudah 20 Tahun Tidak Bertemu


BEKERJA sebagai juru warta memang berat. Jam kerja yang panjang, deadline yang ketat dan memilih berita yang paling menarik bagi pembaca membutuhkan keahlian sekaligus stamina yang cukup. Tetapi juru warta juga perlu liburan. Dan hari ini, 28 Juli 2007 adalah hari Sabtu, hari yang kurindukan setiap minggu. Maklumlah, bila sektor pekerjaan lain libur wajib setiap hari Minggu maka aku libur wajibnya justru Sabtu.

Ini disebabkan, surat kabar tempatku bekerja JURNAL NASIONAL, tidak terbit pada hari Minggu. Minggu aku masuk, karena aku harus menyiapkan untuk edisi Senin keesokan harinya. Sabtulah satu-satunya hari aku bisa berkumpul bersama keluarga, terkadang berjalan-jalan. Karena itu, ketika teman-teman eks SMA-ku mengajak Reuni aku mengusulkan agar diadakan hari Sabtu saja.

Reuni SMA ? Ya. Sebenarnya sih bukan reuni resmi yang digelar di sekolah, plus ada panitianya. Tidak. Ini Cuma ajang silaturahmi biasa saja bagi teman-teman SMA yang kebetulan tinggal di seputaran Jabodetabek. Kami sepakat, untuk mengadakan pertemuan setiap tiga atau empat bulan sekali. Reuni terdekat yang kami akan adakan rencananya pada Sabtu, 25 Agustus mendatang. Tempatnya di rumah Alfina Damayanti.

Fina, panggilan akrabnya, justru baru kukenal sebagai alumni SMA 2 Purwokerto setelah di Jakarta. Saat itu aku bekerja di Harian Glodok Standard, salah satu anak perusahaan Jawa Pos dan dia bekerja di salah satu stasiun TV swasta, Indosiar sebagai penyiar. Wajahnya kerap muncul di televisi sebagai pembawa acara Patroli. Ketika itulah kami kerap mengorganisir acara kumpul2 eks teman SMA dulu.

Sempat beberapa kali kami mengadakan pertemuan. Pertama di rumahnya Drg Catur Yuliastuti di kawasan Depok. Kemudian di rumahnya Alfina di Sawangan, juga di Depok. Kemudian di rumahnya Eko di Bekasi. Namun setelah itu acara silaturahmi sempat terhenti cukup lama, hingga beberapa tahun. Akupun keluar dari Jawa Pos Group dan bekerja di Kaltim sementara Alfina kudengar juga keluar dari Indosiar.

Hari ini, aku menghubungi beberapa teman lewat telepon mengabarkan rencana Reuni itu. Pertama-tama yang kuhubungi adalah Eko Wiyatno di Tangerang, lantas Indarti Suryaningsih, baru kemudian menghubungi tuan rumah sebelumnya Bayu Suwono. Setelah itu mencoba menghubungi Eko Priyanto, tetapi yang menerima nyonyanya. Kata dia, Eko sedang ada tugas di luar kota. Maklum pegawai negeri.

Terakhir aku ngobrol sama Nina, kawan sekelas saat duduk di kelas 2 dan 3 SMA dulu. Dari Nina kudapatkan beberapa alamat kontak teman-teman lain sebagai tambahan koleksi calon undangan yang hadir di reuni mendatang, diantaranya Darno, Yusuf Priyambodo, Iskan, Rudy Riyanto dan Wuri Astuti. Cukup panjang juga aku ngobrol dengannya.

Aku dan Nina sepakat agar kita bersama-sama saling menghubungi teman-teman yang ada di daftar alumni, sebuah strategi agar mereka merasa terikat untuk datang ke acara silaturahmi tersebut. Nantinya kalau sudah cukup rutin kita menggelar pertemuan demi pertemuan, mungkin acara bisa ditingkatkan dengan menggelar family gathering atau apapun yang sifatnya piknik bersama untuk meningkatkan kualitas pertemuan.

Daftar alumni SMA 2 Purwokerto Angkatan 1987 yang kami pegang saat ini sudah mencapai 26 orang, sudah meningkat sangat banyak bila dibandingkan dengan daftar yang kami pegang beberapa tahun sebelumnya. Waktu itu cuma ada 15 orang yang masuk daftar. Ditambah dengan informasi dari Nina tadi, berarti jumlahnya kira-kira sudah menjadi 30 orang. Lumayan.

Aku tentu saja berharap dapat hadir pada Reuni tersebut bersama keluargaku, dan bertemu dengan kawan-kawan lama. Banyak diantara mereka yang sejak 20 tahun lamanya tidak bertemu. Rentang waktu yang cukup banyak aku kira. Sudah banyak perubahan yang terjadi diantara kita. Luar biasa. Reuni selalu membangkitkan nostalgia, dan nostalgia masa SMA selalu mengasyikkan ……..

Iwan Samariansyah, alumni SMA 2 Purwokerto (1984-1987)

1 komentar:

Adjib Al Hakim mengatakan...

Undangan yg disebar Alfina hari Minggu 26 Agustus lho, Wan. Aku bisa datang gak ya, jauh bgt :( Pdhl tgl 31-nya aku ke semarang (adjib)