Senin, September 03, 2007

Pindah Pos Keredaksian


MULAI 1 September 2007 aku tidak lagi menangani rubrik Olahraga di halaman 14 dan 15 surat kabar tempatku bekerja, Jurnal Nasional. Sesuai dengan keputusan rapat, ada sejumlah perubahan dilakukan. Halaman Olahraga ditambah sehingga menuntut pula perubahan personil yang menangani halaman yang diproyeksikan menjadi unggulan dalam pemasaran koran ini di hari-hari mendatang.

Aku kemudian dipindahkan menjadi Redaktur rubrik Yudikatif di halaman 8, seksi 1 menggantikan Mbak Retno Kustiati yang akan menjadi Sekjen Redaksi. Mbak Ati - begitu panggilan akrabnya - akan menggantikan Mas Aries Margono yang mulai 1 September resmi menjabat sebagai Manajer HRD di Harian Jurnas (masuk ke bagian perusahaan) di bawah komando Pak Ananta Setiawan.

Sementara di rubrik Olahraga yang kutinggalkan akan masuk Solichin dan Hikmat Soeriatanuwijaya yang berduet menangani empat halaman olahraga yang kini namanya berganti menjadi Jurnal Sport. Keduanya jelas lebih berkompeten dariku, karena selain punya pengalaman jauh lebih panjang di bidang peliputan olahraga - juga mempunyai hobi berolahraga pula sehingga ada harapan tim ini adalah tim terbaik menangani rubrik Jurnal Sport.

Reporternya juga berganti. Cininta pindah ke eksekutif, namun Anton dipertahankan, ditambah dengan Reza Junior dan Suhartono Zidane. Aku ucapkan selamat untuk tim Olahraga yang baru semoga bisa bekerja dengan baik dan membesarkan Jurnas bersama-sama.

Aku sendiri bersyukur karena juga berada di tempat dan posisi yang tepat. Pos Yudikatif yang meliputi soal hukum, kriminalitas dan persoalan Hak Asasi Manusia, adalah pos yang cukup lama kugeluti ketika menjadi reporter yunior di Jawa Pos. Sehingga ketika diberi amanah menangani halaman ini, maka bersyukur sekali. Bagaimanapun aku bisa membagi pengalaman yang pernah kuperoleh ketika meliput di pos tersebut.

Apalagi tim yang kuperoleh dan kuwarisi dari Mbak Atik adalah tim yang sangat solid dan mumpuni. Wartawan yang bertugas di rubrik Yudikatif ini adalah Okky Puspa Madasari, wartawati muda energik yang mengenakan jilbab dan punya daya mengendus berita yang sangat baik. Juga masih ada Grathia Pithaloka, yang walaupun bertubuh mungil namun pantang menyerah dalam mengejar sumber berita. Terakhir adalah Noor Irawan, bekas wartawan Olahraga dan reporter senior yang ditugaskan meliput di Kejaksaan Agung dan Mabes Polri.

Selama bekerja di Jurnal Nasional sejak 1 Maret 2006, aku sudah menangani cukup banyak rubrik mulai dari rubrik Internasional (selama satu tahun), rubrik Megapolitan (3 bulan), rubrik Olahraga (6 bulan) dan rubrik Iptek (3 bulan). Semoga Allah SWT memudahkan diriku dalam bekerja menangani rubrik ini dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar: